Bromo Tengger Semeru, yang juga sering disebut BTS, merupakan salah satu taman nasional terindah yang dimiliki Indonesia. Kawasan gunung berapi terbesar di Jawa Timur ini terletak di empat kabupaten sekaligus, yaitu Probolonggo, Malang, Lumajang, dan Pasuruan. Tak heran, luas taman nasional ini mencapai 800 km persegi. Hal ini semakin menarik para wisatawan untuk berkunjung membuktikan keeksotisan tempat ini.

Di tempat ini, banyak spot terindah yang bisa Anda kunjungi. Spot-spot tersebut terbentuk secara alami dan menampilkan lukisan alam yang menawan. Rugi rasanya jika Anda tidak mengunjunginya saat berada di Jawa Timur. Apa sajakah spot-spot terindah itu? Ini dia ulasan lengkapnya.

  1. Desa Ngadas

Related image

Saat Anda akan ke Bromo dari Malang, pasti Anda akan melewati Desa Ngadas. Desa yang terletak di perbatasan Malang-Lumajang ini memang sangat terkenal. Bagaimana tidak? Hamparan sawah yang menghijau dengan teras-teras yang indah memberi pemandangan yang sangat elok bagi setiap mata yang melihatnya. Belum lagi kesejukan udara yang ditimbulkannya. Ketenangan dan ketenteraman hati langsung menyambar hati Anda. Dengan topografi berupa bukit, salah satu dari 36 desa Suku Tengger yang mempunyai luas 395 hektar ini dijadikan sebagai kantung dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

  1. Bukit Teletubbies

Related image

Keindahan alam lain yang disajikan taman nasional di Malang ini adalah Bukit Teletubbies. Anda tentu tahu siapa itu Teletubbies. Salah satu film kartun anak-anak yang pernah populer di Indonesia itu digambarkan sering bermain di bukit yang hijau dan sangat indah. Dan, ternyata bukit tersebut benar-benar ada di taman nasional ini. Bukit menghijau dengan rumput savana bak negeri dalam dongeng pun bisa Anda nikmati dengan terlebih dahulu menyewa jeep hartop bromo. Pemandangan bukit ini akan lebih sempurna jika Anda mengunjungi pada musim semi atau pertengahan musim penghujan (Januari–April).

  1. Puncak B29 (Bukit 2900 DPL)

Image result for B29 bromo

Puncak B29 ini juga sering disebut sebagai negeri di atas awan. Dari tempat ini, awan-awan jelas nyata terhampar di depan mata dan Anda berada di atasnya seperti melayang. Tak heran memang, karena tempat ini mempunyai ketinggian 3.676 meter dpl dan merupakan puncak tertinggi di pegunungan Bromo Tengger.

  1. Pasir Berbisik

Image result for pasir berbisik

Pasir berbisik merupakan salah satu keindahan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Lautan pasir di Bromo ini pada dasarnya kaldera raksasa dari pegunungan Tengger ysng mempunyai diameter kurang lebih 8–10 km. Hembusan angin yang mengenai dan menerbangkan pasir-pasir tersebut menimbulkan suara gemerisik yang membentuk sebuah bisikan. Oleh karena itu, banyak orang yang menyebutnya sebagai kawasan pasir berbisik.

  1. Danau Air Tawar

Di pegunungan Tengger, Anda juga dapat menemukan spot indah, yaitu sebuah danau air tawar. Orang-orang sering menyebut danau ini dengan nama Ranu Kumbolo. Bagi para pendaki, tempat ini sangat familier karena dijadikan sebagai tempat transit saat akan mendaki ke Gunung Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa. Saat matahari terbit di antara dua bukit yang menghijau, keindahan danau akan terlihat lebih nyata. Tak heran jika para pendaki lebih memilih mendirikan tenda di tepi danau untuk bisa menikmati pemandangan eksotis ini.

Rasanya rugi jika Anda tidak mengunjungi kelima spot terindah di atas. So, segera persiapkan perbekalan Anda dan bersiaplah menikmati sensasi yang ditimbulkan dari masing-masing spot sekitar Bromo Tengger Semeru itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *